Minggu, 06 Mei 2012

Bermula dari Kata


Dikutip dari novel The Lost Symbol karya Dan Brown edisi bahasa Indonesia yang diterbitkan Penerbit Bentang 2010.

Pada mulanya adalah Kata. (hal. 675)

       Sejarah telah memberkahi umat manusia dengan guru-guru terbijak, jiwa-jiwa sangat  tercerahkan yang memahami misteri-misteri spiritual dan mental melebihi segala pemahaman. Kata-kata berharga para Ahli ini –Buddha, Yesus, Muhammad, Zoroaster, dan lainnya yang tak terhitung banyaknya- telah diteruskan di sepanjang sejarah di dalam wadah-wadah tertua dan paling berharga...BUKU.

       Setiap kebudayaan di bumi memiliki buku sucinya sendiri- Kata-nya sendiri- yang kesemuanya berbeda, tetapi masing-masingnya sama. Bagi orang Kristen, Kata itu adalah Alkitab, bagi orang Muslim Al-Quran, bagi orang Yahudi Kitab Taurat, bagi orang Hindu Kitab Weda, dan seterusnya dan seterusnya.

       Kata itu akan menerangi jalan.

Teks Pesan Agung Persaudaraan Mason berbunyi:

Waktu adalah sungai...dan buku adalah perahu.
Banyak diluncurkan di sungai itu, hanya untuk hancur.
Dan hilang melampaui ingatan di dalam pasir-pasirnya.
Hanya sedikit, sedikit sekali, yang tahan terhadap ujian-
ujian waktu dan tetap hidup untuk memberkahi abad-
abad berikutnya.

       Ada alasan mengapa buku-buku ini bertahan, sementara yang lain lenyap. Sebagai orang yang mempelajari keyakinan, Dean Galloway merasa takjub karena teks-teks spiritual kuno –buku-buku yang paling banyak dipelajari di bumi- sesungguhnya adalah yang paling sedikit dipahami.

       Sebuah rahasia menakjubkan tersembunyi di dalam halaman-halaman itu.

       Suatu hari kelak, cahaya akan merekah, dan umat manusia pada akhirnya akan mulai memahami kebenaran sederhana dan transformatif ajaran-ajaran kuno...dan melakukan lompatan kuantum ke depan dalam memahami hakikat diri mereka sendiri yang luar biasa.

Hidup di dunia tanpa menyadari arti dunia ibarat berkunjung di perpustakaan besar tanpa menyentuh buku-bukunya. ~The Secret Teachings of All Ages

Namaste _/l\_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar